Posted in ikutanworkshop, painting

Lettering and Watercolor Workshop with Muliong

Halo, teman-teman myhandmadeprojects!

Hari ini aku mau menepati janji aku minggu lalu, yaitu minggu ini aku mau berbagi cerita tentang workshop yang aku ikutin tanggal 5 Februari minggu lalu. Nah, jadi minggu lalu itu aku ikutan salah satu Event yang diadakan sama Hello2Madison, yaitu Bazart. di Bazart ini ada banyak banget workshop yang diadain, dan instruktur untuk workshopnya itu juga banyak banget dari Kak Dielamaharani sampai Kakak Puri dari Idekuhandmade juga ada (kalau nggak salah ingat hehe). Nah, dari semua workshop yang dibuka aku tertarik banget sama materi yang akan dibawain sama Kak Dielamaharani dan kak Muli. Karena workshopnya kak Diela itu hari sabtu dan aku nggak bisa, jadi aku dan teman aku, Nindy, memutuskan untuk ikutan workshopnya Kak Muli di hari minggu.

Jadi workshop yang diajar sama Kak Muli ini materinya tentang Brush Lettering dan Watercolor Painting gitu. Jadi pertama-tama di workshop ini sudah disediain peralatan dan bahannya serta sebuah snack buat pengganjal perut. Untuk workshop ini yang jelas peralatan dan bahan yang disediakannya yaitu pensil, penghapus, watercolor palette, watercolor paint, watercolorpaper, brush, dan dari Kak Muli sendiri sudah kasih kita kertas dengan contoh untuk lettering beserta step by step bagaimana sih buat lettering itu. kalau kamu masih bingung, di bawah ini adalah bahan dan peralatan yang disediakan oleh Kak Muli.

image7
Peralatan yang disediakan Kak Muli

 

image4
Kertas untuk Latihan Menulisnya
image2
Ini Contoh Step by Step Bagaimana untuk Membuat Lettering

Selanjutnya, setelah para muridnya datang kita mulai kegiatan workshopnya. Pertama-tama Kak Muli menjelaskan dulu latihan dari membuat gelombang, lingkarang clockwise dan counterclockwise, baru deh setelahnya Kakak Muli ngajarin kita bagaimana bikin huruf-huruf lettering. Jadi lettering yang aku pelajarin ini sama Kak Muli jenisnya sudah yang Modern buka classic lagi. Apa sih bedanya? Kalau classic lettering kata Kak Muli itu ketinggian, kemiringan dan sebagainya itu ada aturannya (kemiringan untuk lettering itu bervariasi dari 30 derajat, 45 derajat, 60 derajat sampai 90 derajat. kayak sudut istimewa di matematika ya). Bedanya dengan yang modern ini apa sih? Bedanya itu cuma diaturannya saja, kalau classic lettering sangat menjujung tinggi aturan-aturan itu, modern lettering ini lebih bebas, seenak dan senyamannya saja kita bikin huruf. Kalau menurut kamu bagus yaudah begitu aja juga tidak apa. Begitu teman-teman myhandmadeprojects!

Setelah latihan nulis, kita lanjut belajar watercolornya ini. Buat teman-teman yang sudah biasa melukis dengan Acrylic Base pasti sadar dan tahu banget kalau melukis dengan watercolor itu super-super sulit. Kenapa aku bilang sulit? Bukannya begitu saja ya tinggal kasih air corat coret kelar. Yaaaa kalau mau gampang memang begitu. Tapi, kalau mau bagus nggak bisa cuma begitu aja. Jadi kalau kamu mau belajar watercolor yang paling penting itu gunakanlah media melukisnya yang benar juga. Kalau kamu melukis dengan watercolor berarti kertas yang kamu pakai sebisa mungkin adalah untuk watercolor juga. Kenapa harus begitu? Karena watercolor itu nggak kayak acrylic yang nempel diatas permukaan tempat kamu melukis, tapi dia itu menyatu dengan kertas atau permukaan yang kamu jadikan base buat melukis. Makanya kalau kamu melukis dengan cat air atau watercolor kamu wajib kudu pakai kertas watercolor juga. Dulu waktu aku belum ngerti, aku juga ngelukis pakai watercolor di kertas biasa dan selalu kesel karena hasilnya nggak pernah bagus, kertasnya kadang bisa sampai bolong begitu karena kena air. Itu alasannya kenapa aku lebih seneng ngelukis pakai acrylic. Selain itu melukis dengan watercolor ini harus sabaaaaaarrr banget. Kenapa harus sabar? Jadi dasarnya gini, melukis dengan watercolor itu ada beberapa teknik, yaitu:

  1. Langsung, jadi cat air yang ada dikuas langsung kamu aplikasikan ke kertasnya. Biasanya teknik langsung ini bagus, kalau kamu mau menimpa warna.
  2. Membasahi kertas terlebih dahulu (membasahi di sini itu bukan sampai airnya banyak banget, tapi cukup mengkilat biasa aja seakan basah gitu). Kalau teknik ini bagus untuk membuat gradasi. (Biar paham mungkin nanti aku kasih referensi video dari ilustrator yang aku subscribe di Youtube)

Nah, itu kenapa aku bilang harus sabar banget. Karena, dengan beberapa teknik tadi ketika kita mau ganti warna atau menimpa warna, kita harus sabar tunggu kering yang bagian ini dulu baru bisa mewarnai bagian lainnya.

Jadi untuk sesi belajar watercolor painting ini Kak Muli juga sudah kasih contoh gambar dan warnanya biar kita kebayang pas mau melukis atau mewarnain gambar yang sudah disediain sama Kak Muli.

image3
Contoh Ilustrasi yang Sudah disediakan Kak Muli

Ohiya selain itu ini tips dari Kak Muli, kalau kita melukis dengan watercolor. Ketika mewarnai bagian daun yang dempet-dempet, pilih untuk mewarnai bagian yang jauh-jauh. Kenapa? Soalnya kalau misalkan kita langsung mewarnai yang bersebelahan, kan belum kering, terus watercolor itu kayak aku bilang tadi jenisnya menyerap, nah jadi warna yang sudah kita warnai ini bisa jadi menyatu sama sebelahnya. Itu yang suka bikin jadi lucu, kenapa aku bilang lucu? Soalnya nantinya bentuk gambar yang sudah kita buat nggak keliatan jadinya kayak nempel semua gitu. Dan kalau bisa ketika kita mewarnai pilih dari warna yang soft ke yang lebih opaque.

Satu lagi yang hampir saja kelupaan, kalau kamu mau ngelukis dengan watercolor jangan lupa untuk warna dari watercolor kamu, kamu bikin list warnanya. Jadi ketika kamu mau warna apa, kamu nggak lupa kira-kira warna yang dipakai itu yang mana dan itu percampuran warna apa dan apa.

image1
Contoh List Warna yang Aku Buat

 

Dan sebenernya yang paling penting itu latihan dan latihan karena mau sekeren apapun peralatannya kalau nggak pernah latihan juga ya paling begitu-begitu saja. Buat kamu yang bener-bener mau belajar watercolor, kalau aku bilang sebenarnya nggak sulit, kuncinya cuma sabar aja.

Hoiya, ini hasil kerjaan aku dan foto bareng sama Kak Muli. Tolong dimaafkan kalau hasilnya nggak sekece punya Kak Muli (Maklum newbie) dan maafkan muka saya yang super excited pas foto sampai tak terkontrol.

image5
Hasil Karya Aku
image8
Nah ini Foto sama Kak Muli terakhir sebelum Pulang

Dan jujur super suka banget sama Kak Muli, doi ini super sabar dan ceria banget, jadi kitanya yang belajar jadi ikutan semangat. Dan Kak Muli juga nggak capek-capeknya ngasih contoh berulang kali dan ngecek semua pekerjaan pesertanya.

Sekian cerita aku dari kelas workshop minggu lalu yang aku ikutin, semoga bermanfaat buat kamu yang lagi ingin belajar watercolor painting.

Ohiya hampir kelupaan, di bawah ini link buat belajar watercolor painting dari Youtube Channel yang aku subscribe:

Watercolor Painting Lessons – Wash Techniques

Have a nice weekend, everyone!

Posted in handmade, ikutanworkshop

Workshop with Idekuhandmade

Hello, everybody! It’s been so long from my last update.

okay, so, a few days ago. yap last sunday, i was going to workshop with idekuhandmade. the workshop is about how to paint on pouch with acrylic. and i’m so excited because i’ve tried to draw and paint on the fabric base but always failed. And the most awkward thing is i’ve been interesed with every work from kakak martha puri from when i was in senior high school (imagine it’s been 7 years). I’m just to shy to talk with her even i really want to, because i don’t know what to say.

okay enough with the intermezo, back with the workshop. the workshop should be start at 11 a.m and done at 1 p.m. But, because of the participant was just us, so the workshop finished at 3 p.m. Kakak Puri explained everything with simple and easy way to understand. I learn so many from her, and the best point that i like from her is, she is so patient. Not all of the participant has a basic at painting, that’s the reason why i said she is so patient.

I hope i can participate in another workshop with her.

And there’s a few Picture from last sunday workshop.

2016-10-02-19-30-16

look there’s a happy dora the Explorer with her candy hair girl pouch.

upload